Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kamu Harus Tahu! Inilah Pengertian dan Istilah Yang Sering Digunakan Dalam Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah proses di mana publisber mendapatkan komisi dengan mempromosikan produk atau Jasa dari layanan yang disediakan merchant. 

Mitra afiliasi seperti publisher akan diberikan imbalan pembayaran atas hasil kerja sama dalam mempromosikan produk barang atau jasa atas kesepakatan yang terjadi sebelumnya.


Selain itu juga dikutip dari jurnal.id,

Affiliati marketing adalah program bisnis yang dilakukan di internet, dan merupakan salah satu strategi paling efektif untuk mendapatkan penghasilan yang besar. 

Cara kerjanya, anda hanya perlu menjual produk yang menyediakan affiliasi kepada konsumen, dan jika terjadi transaksi maka akan mendapatkan komisi sesuai kesepakatan yang telah terjadi.


Sumber : Pixabay.com


Dalam dunia affiliate Marketing, terdapat istilah yang penting untuk kamu ketahui diantrannya sebagai berikut ini.

Merchant

Merchant atau advertiser merupakan sebutan untuk pemilik brand atau perusahaan yang menyediakan layanan affiliasi marketing, sebagai teknik pemasaran yang digunakannya.


Publisher

Publisher atau affiliate marketer merupakan sebutan seseorang yang mempromosikan produk barang atau jasa milik merchant yang nantinya publisher ini akan mendapatkan komisi sesuai dengan hasil dari affiliasi.


Customer 

Customer atau konsumen adalah orang yang membeli produk barang jasa dari sebuah link affiliate marketer. 

Selain istilah tersebut ada juga istilah yang di gunakan dalam marketing diantaranya CPA, CPS, dan CPC. 

Berikut ini merupakan pengertiannya.


Cost Per Action (CPA) adalah sebutan untuk komisi yang didapatkan publisher yang mengikuti program affiliate marketer. 

Komisi didapatkan dari setiap action yang dilakukan customer seperti seperti mengklik iklan, membeli barang, mengunduh sebuah aplikasi atau mengisi kuesioner.

Cost Per Sale (CPS) Adalah sebutan untuk komisi yang diberikan merchant kepada publiser affiliate marketer untuk setiap pembelian produk oleh pelanggan yang terjadi di dalam link affiliate.

Coast Per Click (CPC) Adalah istilah untuk menunjukan sebuah komisi yang didapatkan oleh seorang publiser affilite marketer ketika customer mengklik iklan dari link yang anda promosikan sebelumnnya selaku publiser.


Affiliate marketing merupakan cara yang efektif dalam mendatangkan keuntungan baik untuk perusahaan selaku Merchant ataupun Publisher selaku orang yang mempromosikan produk. 

Tentu hal ini dapat jadi strategi marketing yang sangat efektif dalam meningkatkan penjualan produk. 

Selain karena tren saat ini yang kebanyakan konsumen memilih kebutuhannya secara online, nyata juga affiliate marketing ini juga dapat meningkatkan penjualan produk secara efektif sehingga perusahaan tersebut dapat bersaing dengan perusahan lainnya.