Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Manfaat, dan Tujuan Membahas Lebih Dalam Tentang Pentingnya Reboisasi!

Sumber : Pixabay
Penebangan Pohon Secara Liar

Penebangan pohon secara liar saat ini sangat marak terjadi di indonesia. 

Hal ini tentunya sangat merugikan bagi Manusia serta keberlangsungan kehidupan satwa di alam. 

Dampaknya dari kerusakan alam ini sangatlah besar mungkin tidak akan dirasakan saat ini namun pasti akan dirasakan beberapa tahun kedepan seperti longsor, banjir, erosi tanah, dan kepunahan satwa liar yang ada di alam.

Pada saat ini saja kita tahu bahwa polusi udara sangatlah menjadi buruk terutama di daerah perkotaan, tingginya kandungan CO² di udara, diperparah dengan banyaknya polusi akibat kendaraan, pabrik-pabrik industri, serta asap kebakaran hutan.

Tentu hal itu harus menjadi perhatian serius karena jika udah tercemar maka akan sangat berdampak buruk bagi kesehatan manusia.

Namun bukan hanya manusia yang merasakan dampak dari hal tersebut, hewan juga akan merasakan akibatnya. Hewan akan kelaparan atau mati karena tempat yang dulunya sebagai habitat mereka kini sudah rusak dan hancur. 

Bisa saja para hewan tersebut berpindah ke tempat pemukiman warga untuk memcari habitat baru sekaligus mencari sumber makanan. 

Indonesia Merupakan negara besar dengan iklim tropis, yang memiliki 2 musim, menurut data kehutanan indonesia memiliki luas sekitar 133.300.543 hektar tentu sangatlah besar.

Namun luas hutan tersebut akan menyusut seiring kerusakan hutan terjadi, Karena faktanya masih banyak oknum dan pelaku industri yang mengeploitasi hutan demi kepentingannya, tanpa memikirkan dampak selanjutnya.

Menurut sebuah data dari penelitian Global Forest Resource Assesment (Fra) indonesia menjadi negara kedua yang mengalami kehilangan dan kerusakan hutan terbesar di dunia, setelah brazil.

Tentu hal ini sangat menghawatirkan dan menjadi  perhatian pemerintah saat ini.

Maka hal yang perlu ditanamkan di benak masyarakat adalah harus di didik dan diberi pemahaman dalam menjaga kelestarian alam, dan mengecam sanksi kepada oknum yang tidak bertanggung jawab dalam kerusakan alam. 

Selain itu juga diperlukan upaya reboisasi pada hutan yang gundul, Lalu apa itu reboisasi?

Apa Itu Reboisasi

Reboisasi dapat diartikan sebagai upaya penghijauan atau penanaman kembali hutan yang gundul atau rusak akibat penebangan hutan. 

Dengan adanya reboisasi ini diharapakn hutan yang tadinya telah gudul akibat penebangan bisa ditanam kembali dengan pohon-pohon baru. 

Manfaat Reboisasi

  • Mengurangi pencemaran udara dan globar warming 
  • Membuat udara bersih dan menyerap udara kotor carbon dioksida (CO²)

  • Melestarikan sumber daya alam yang ada di dalamnya, sekaligu tempat keberlangungan hidup hewan
  • Menjaga lapisan ozon agar tidak menipis bagi bumi memperbaiki dan menjaga struktur tanah agar tidak mudah rusak
  • Dapat mencergah erosi tanah yang disebabkan oleh faktor alam seperti angin dan juga air hujan yang berlebih
  • Menjaga keanekaragaman satwa liar di alam

  • Menyuburkan tanah dan bagus untuk pertanian dan tanaman


Kesimpulan

Oleh karena itu sudah sepatutnya kita bersama-sama, menjaga alam indonesia ini supaya tetap utuh dan terjaga sampai ke generasi berikutnya. 

Mungkin banyak diantarannya masyarakat tidak tahu manfaat dari ekosistem yang ada di alam itu seperti apa? dengan menebang pohon, membuka lahan baru dengan cara dibakar, ataupun berburu satwa secara liar. 

Maka sudah sepatunya kita sebagai generasi anak muda harus memberikan contoh yang baik kepada seluruh masyarakat agar sama-sama menjaga alam dengan cara melakukan reboisasi atau penanaman kembali hutan yang gundul baik di alam atau dihalaman rumah kamu sendiri.