Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat Batu Menurut Ahli Kecantikan!

Jerawat merupakan suatu gejala yang wajar namun sering kali kita merasa risih. 

Terutama jerawat batu yang sangat sulit untuk dihilangkan dan jika di biarkan maka akan menjadi pembekangkan hasilnya jerawat akan berwarna merah dan bernanah, jika terus dibiarkan maka jerawat akan menjadi bejolan kecil dan menghitam. 

Jerawat biasanya ditemukan di wajah, dahi, ataupun punggung. 

Masalah utama penyebab jerawat bisa disebabkan oleh hormon, alergi makanan, iritasi kulit, penyumbatan kelenjar minyak oleh sel kulit mati, ataupun kurang menjaga kebersihan muka. 

yuk simak berikut merupakan cara mengatasi jerawat batu dan cara penangannya. 

1. Bersihkan Muka Secara Rutin

Membersihkan muka secara teratur minimal 1-2 kali sehari merupakan cara penangannan yang ampuh untuk mengatasi jerawat batu. 

Terutama jika kamu sering berpergian di luar ruangan pastinya kulit di wajah akan terkena sinar ultraviolet, debu, polusi bahkan bakteri. 

Oleh karena itu wajib membersihkan muka minimal 1-2 kali sehari dengan menggunakan sabun muka ataupun air biasa sambil yang dibasuhkan wajah secara teratur. 

2. Makanan Pemicu Jerawat

Makanan juga bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat. 

Oleh karena itu kamu harus membatasi makanan tersebut supaya tidak timbul masalah jerawat yang serius. 

Makanan yang perlu dibatasi diantarannya seperti makanan cepat saji yang banyak mengandung lemak seperti ayam goreng, ataupun sosis. 

Hindari juga terlalu banyak minum susu ataupun makanan seperti cokelat, yogurt, keju. 

Susu memang baik untuk kesehatan karena kandungan vitamin didalamnya yang sangat di butuhkan tubuh, namun konsumsi susu yang berlebihan tidak disarankan untuk penderita jerawat pasalnya susu dapat meningkatkan hormon insulin yang dapat menjadi memicu penyebab timbulnya jerawat.

3. Hindari Stres Berlebihan

Stres Berlebihan bukan saja menjadi penyebab penyakit kronis seperti jantung, darah tinggi, ataupun stroke. 

Akan tetapi stress berlebihan akan menjadi biang penyakit timbulnya jerawat juga, stres dapat memicu dapat meningkatkan hormon kortisol. 

Hormon kortisol ini berperan untuk mengatur gula darah dalam tubuh supaya dapat diubah menjadi energi. 

Jika hormon ini yang dihasilkan secara terus menerus maka sistem metabolisme di hati dan otot akan tergangu penyebabnya akan mengalami resistensi insulin, sehingga menimbulkan masalah pada kulit terutama jerawat. 

Maka dari itu perlu untuk menjaga suasana pikiran dan hati agar tetap tenang dalam menghadapi situasi apapun dan yang paling penting hindari stres berlebihan.

4. Hormon Tidak Stabil

Penyebab jerawat selanjutnya adalah hormon yang sering muncul terutama pada anak remaja yang sedang memasuki masa pubertas. 

Pada saat memasuki masa pubertas hormon androgen dalam tubuh akan meningkat. 

Tetapi bukan hanya di masa pubertas saja, hal ini sering dialami juga oleh wanita yang sedang menstruasi. 

Biasanya dalam keadaan tersebut maka hormon esterogen dalam tubuh juga akan meningkat dibarengi hormon androgen, kedua hormon ini dapat memicu produksi sebum meningkat sehingga akan menimbulkan masalah pada kulit terutama jerawat.

5. Kurang Olahraga

Menurut dokter Reisa, dan Dokter Oz jarang olahraga sangat baik karena dapat mengontrol hormon dan minyak dalam tubuh tetap stabil. 

Namun kebanyakan orang jarang berolahraga, padahal olahraga itu sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Olahraga dapat dilakukan setiap hari minimal 30 menit sehari untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar serta terhindar dari masalah jerawat.