Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Natto Anti Mainstream! Jangan Dicoba!

 

Sumber : Pixabay

Apa itu Natto?

Natto merupakan Cemilan khas Tradisional yang pertama berasal dari Negara Jepang. 

Natto terbuat dari bahan baku kedelai yang sudah difermentasi terlebih dahulu, dengan bakteri bacillus subtilis sebagai bahan pembuatannya.

Menurut sejarah munculnya makan natto di jepang tak sengaja ditemukan oleh seorang komandan prajurit, yang kala itu sedang merebus kedelai buat pakan kuda, tetapi karena kedelai yang direbus itu cukuplah banyak lantas mereka menyimpannya dengan cara dibungkus dengan wadah bersama jerami padi. 

Ternyata pas sudah lama beberapa lama, wadah tersebut dibuka dan teksturnya berubah, jadi lengket, berbau, dan beserabut.

Karena prajurit tesebut penasaran lalu dia mencobanya, dan merakan rasanya yang dianggap cukup enak. Lalu berkembanglah natto hingga sekarang sampai populer di beberapa negara.

Keunikan dari natto ini terdapat dari teksturnya berlendir, berserabut dan lengket serta dikenal dengan aromanya yang berbau menyengat, tentu saja ini akan menambah kesan tersediri saat memakannya, ada yang suka dan ada pula yang tidak menyukai makanan ini. 

Cemilan ini biasanya dijadikan ajang challenge di dunia maya. 

Bagi orang jepang sendiri mereka sangat menyukai natto, biasanya mereka mengidangkannya bersama nasi hangat, ditaburi kecap, mayonaise, bawang dan bumbu lainnya. 

Makanan ini juga kaya akan vitamin seperti protein, serat serta kalsium yang baik bagi tulang, serta dapat menjaga kekebalan tubuh.  

Bagi kamu yang ingin membuatnya dan ingin mengetahui rasa asli dari natto, yuk simak resepnya di bawah ini.

Cara Membuat Natto Tradisional, Mudah

Dilansir dari Media Blitar, cara pembuatan natto adalah sebagai berikut ini.

  1. Pertama, biji kedelai direndam dalam air bersih selama 1 hari.
  2. Bila sudah selesai direndam selama satu hari, kemudian rebus kedelai selama beberapa jam, hingga matang sempurna.
  3. Jika telah matang, selanjutnya kedelai ditiriskan dan masukan ke dalam wadah lalu tutup wadahnya dengan rapat sempura, dan sebaiknya diamkan dalam suhu kurang lebih 40 derajat C agar memastikan natto memiliki kualitas terbaik nantinya.
  4. Jika natto terlihat sudah matang, langkah selanjutnya tiriskan natto
  5. Natto siap disajikan dalam piring, dan siap diasantap

Itulah resep olahan Natto Jepang Tradisional, semoga bermanfaat dan selamat mencoba di rumah, teruntuk anda yang suka jajan anti mainstream dan suka challenge seperti ini. 

Jangan lupa juga terus pantau resep menarik lainnya, terimakasih.