Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Waspada Kolestrol Tinggi Bisa Menyerang Siapa Saja Termasuk Anak Muda! Yuk Kenali Penyebabnya

Sumber : Pixabay
Jika membahas tentang masalah kesehatan pasti yang timbul di benak anda adalah rasa khawatir bukan?... Penyakit memang tidak mengenal usia, bisa menyerang siapa saja baik anak-anak hingga orang dewasa. 

Oleh karena itu menjaga kesehatan itu penting, maka hal yang harus dilakukan dari sekarang adalah menerapkan gaya hidup sehat agar terhidar dari penyakit. 

Sekarang ini penyakit yang sering diderita banyak orang adalah Kolestrol Tinggi, waspada kolestrol tinggi ini bisa menyerang siapa saja tidak hanya orang tua, bahkan anak muda sekaligus juga bisa terkena. 

Bukan hanya itu penyakit ini akan sangat berbahaya karena akan meyebakan penyakit mulai dari serangan jantung, darah tinggi, bakan stroke.

Menurut penlitian yang diterbitkan oleh jurnal American College of Cardiology menyebutkan bahwa jika anak muda terserang penyakit kolestrol tinggi yang tidak secepatnya diatasi, maka akan rentan terkena penyakit kardiovaskular.

Memiliki tingkat LDL tinggi di pada anak muda akan meningkatkan  resiko terkena serangan jantung selamanya, bahkan kalaupun Tinggkat LDL sudah turun tapi ketika tetapi resiko akan tetap ada. 

Oleh karena itu dianjurkan untuk selalu menjaga kesehatan di waktu muda supaya terhindar dari penyakit serangan jantung. 

Bagaimana Pencegahan Kolesterol Tinggi ?

Terapkan Gaya hidup sehat 
Cara ini terbukti efektip dalam mencegah terjadinya kolestrol dalam tubuh dengan menjaga asupan makan yang sehat dan seimbang.

Hindari alkohol, dan kurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans seperti makanan cepat saji, Daging goreng, olahan susu, dan lainnya. 

Berolahraga 
Untuk mencegah terjadinya penyakit kolestrol. 

Olahraga secara rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan sirkulasi darah, dan melancarkan kinerja jantung. 

Maka olahraga sangat diperlukan minimal 30 menit dalam sehari, bisa dengan joging, bersepeda, bermain bola, senam dan lainnya. 

Berhenti Melakukan Kebiasaan Merokok 
Merokok sangatlah berbahaya bagi kesehatan karena dapat menimbulkan penyakit, terutama penyakit jantung koroner.

Merokok juga dapat meningkatkan penyumbatan serta penumpukan plak pada dingding arteri yang berfungsi untuk mengangut aliran darah sehingga aliran darah akan tersumbat dan memicu resiko serangan jantung.