Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Penyebab Gampang Lupa Beserta Pencegahanya

Penyebab Lupa

Pernakah kamu lupa mengingat orang yang baru saja kamu kenal? 
atau kamu pernah ngalamin lupa ketika menyimpan suatu barang?
tentunya hal tersebut membuatmu bingung sekaligus kesal.

Jika kamu pernah mengalami hal tersebut sudah dipastikan kamu memiliki sifat pelupa yuk simak tentang jenis penyakit pelupa, penyebab dan cara mengatasinya.

Sumber : Pexels
Lupa merupakan suatu peristiwa wajar bagi manusia, terutama bagi kamu yang sedang mempelajari hal-hal baru. 

Wajar saja karena infomasi yang baru kamu dapat sebelumnya belum sepenuhnya tersimpan di memori otak jangka panjang, ataupun penyebab lainnya karena kamu kurang pokus jadinya informasi susah diserap dan diingat.

Meskipun memori atau ruangan pada otak tidak dapat dipungkiri karena sangatlah besar, otak membutuhkan ruangan untuk menyimpan hal-hal baru. 

Otak juga akan menghapus sebuah informasi-informasi, yang dianggap kurang penting dan jarang kita ingat dan menggantinya dengan sesuatu hal  baru.

Meskipun demikian selain faktor tersebut, ada juga beberapa hal lainnya yang menyebabkan seseorang mudah lupa. berikut diantarannya 7 faktor penyebab orang mudah lupa.

1. Kekurangan Tidur

Kekurangan tidur merupakan faktor paling utama penyebab mudah lupa, bagaimana tidak karena dengan tidur yang tercukupi ini otak manusia akan merefresh, selaligus dapat menjaga otak dan pikiran tetap sehat. 

Orang yang kekurangan tidur cenderung suasana hatinya akan lebih mudah berubah sehingga akan memicu stres. 

Hal inilah yang menyebabkan daya ingat seseorang terganggu dan akan mudah lupa.

2. Kualitas Dan Pola Makan Tidak Dijaga

Lupa bisa jadi karena kualitas dan pola makan seseorang, bagaimana tidak karena otak juga memerlukan nutrisi yang cukup untuk berfikir dan menjalankan fungsi-fungsinya. 

Dengan makan-makanan yang sehat dan seimbang seseorang akan terhindar dari penyakit lupa walaupun sudah menginjak usia lansia, selain itu juga makanan yang sehat merupakan makanan yang bergizi seperti Vitamin B12, dan Omega 3 sangat baik untuk otak dan saraf supaya tetap terjaga. 

Hindari juga makanan yang kandungan lemak trans dan lemak jenuhnya tinggi karena dapat menyebabkan kualitas ingatan seseorang menjadi lebih buruk dan cenderung akan mengalami kesulitan dalam mengingat hal-hal penting.

3. Terlalu Capek 

Lupa biasanya disebabkan karena kecapean, orang yang capek cenderung tidak bisa mengontrol emosinya sehingga timbul rasa stres. 

Hal ini perlu diantisipasi, jika seseorang kecapean baik karena kerjaan teralu berat dan lama, seharusnya diistirahatan terlebih dari beban pikiran dan penat yang ada, kamu bisa menenangkan diri mengosongkan beban pikiranmu sebentar.

hal ini bisa kamu lakukan baik saat dikantor, atau ditempat kerja lainnya. dengan cara ini dapat meminimalisir terjadinya lupa.

4. Hindari Minum Alkohol Berlebihan

Jika kamu sering minum alkohol  secara berlebihan waspadalah karena penyakit lupa bisa disebakan karena obat keras ini. 

kamu akan kehilangan kemampuan ingatan jangka pendek, serta kerusakan mental pada otak. 

Tentu hal ini sangat berbahaya, jadi sebaiknya kamu hindari minum-minuman keras beralkohol.

5.  Stres, depresi dan kecemasan berlebih

Hal yang satu ini perlu diwaspadai oleh kamu yang suka stres, depresi ataupun cemas secara berlebihan. 

Bagaimana tidak, saat kamu mengalamai hal tersebut pikirmu akan terganggu sehingga akan menyebakan hilangnya konsentrasi dan mudah lupa. 

Jika hal tersebut berkepanjangan dan tidak ditangani lebih lanjut, maka gejalanya akan sangat berbahaya orang tersebut akan menyebakan trauma emosional bahkan bisa berujung kehilangan ingatan lho.

6. Kurang Olahraga

Kurang olahraga bisa menjadi faktor penyebab seseorang mudah lupa. 

Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh terutama tekanan darah, dan jantung. dengan berolah raga secara teratur minimal 30 menit setiap hari, seperti jogging, senam, bersepeda, dan lainnya dapat membakar lemak, serta meningkatkan kinerja jantung agar tetap stabil dan sehat serta melancarkan suplai darah ke otak.

olahraga juga tentunya dapat meningkatkan daya ingat dan mengurangi penyakit lupa.

7. Faktor usia dan penuaan

Faktor usia dan penuaan sering dikaitkan dengan alasan seseorang mudah mengalami penyakit lupa, hal ini dikarenakan seiring bertambahnya usia maka kemampuan mengingat, dan memahami sebuah informasi akan berkurang. 

Tentunya ini merupakam salah satu faktor yang harus di antisipasi dengan mulai menerapkan prilaku hidup sehat dimulai dari sekarang.

8. Ganguan Kognitif Ringan Pada Otak

Penyakit ini dapat menyerang siapa saja termasuk anak muda, ganguan ini mengacu pada penurunan kemampuan mengingat dan berfikir seseorang yang berakibat mudah lupa akan segala sesuatu. 

Penyakit ini memang ringan dan tidak berdampak pada kehidupan sehari-hari, namun jika penyakit ini sudah parah maka akan berakibat seseorang kehilangan ingatan seperti penyakit alzheimer, serta demensia, penyakit ini bisa disebakan karena karena kurang olahraga, depresi, kolestrol serta tekanan darah tinggi. 

Jika ada mengalami gejala tersebut langkah terbaik adalah dengan menerapkan hidup sehat, olahraga teratur, ataupun konsultasikan ke dokter supaya bisa dapat penganan lebih lanjut.

9. Ganguan Pada Kelenjar Tiroid

Ganguan ini dapat menyebabkan penderitanya mengalami kelambatan metabolisme tubuh seperti pengelolaan energi dan nutrisi. 

Gangguan ini dapat menyebabkan seseorang menjadi pelupa karena pengelolahan energi dan nutrisi yang berfungsi untuk menunjang kebutuhan tubuh, sel-sel syaraf otak cukup lambat. 

Orang yang menderita penyakit ini diharuskan di bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

10. Cedera Pada Kepala

Seseorang bisa menjadi pelupa karena cedera pada kepala, bisa karena terjatuh, kecelakaan, ataupun akibat perkelahian sehingga mengalami cedera pada kepala. 

Jika cederanya ringan maka hanya menyebabkan ganguan ingatan sementara, anda tidak perlu kawatir seiring penyembuhan penyakit tersebut akan hilang dan terus membaik. 

Tetapi jika penyakit tersebut terjadi karena cidera yang cukup berat, bahkan penderitanya pernah mengalami pingsan, serta koma. 

Akibatnya penderita kemungkinan akan menyebabkan penyakit lupa secara menetap dan bertahan lama.

PENCEGAHANNYA

Selain cara yang telah kami sebutkan tadi di atas, ada beberpa tips lainnya yang dapat kamu lakukan sendiri secara teratur, supaya bisa mengatasi penyakit lupa yang dialami. 

Berikut ini merupakan tips yang cocok kamu terapkan untuk mencegah dan mengatasi sifat pelupa.

1. Melatih Otak

Latihan pada otak dapat meningkatkan kemapuan ingatan, dan memperbaiki kemapuan berpikir. 

Hal ini dapat kamu terapkan dengan mencari pengalaman baru, aktivitas menanantang yang melibatkan tubuh dan otak, contohnya seperti bermain catur, gitar, menari, menyelesaikan soal matematika dan sebagainya.

2. Kamu Harus Lebih Aktif

Jika kamu lebih aktif dan produktifitas tiap hari maka kemapuan otak juga akan semakin berkembang dan terus membaik contohnya seperti berolahraga, menyapu, membaca buku, dan lainnya. 

3. Ngobrol 

Ngobrol baik dengan keluarga ataupun teman terdekatmu. 

Dengan mengobrol maka otak akan bekerja untuk mengirim dan menerima infomasi yang terjadi ketika berkomunikasi atau saat mendengarkan orang lain berbicara, tentu hal ini sangat baik untuk melatih otak.

4. menghentikan kebiasaan buruk

kebisaan buruk seperti sering merokok, minum-minuman keras atau beralkohol dapat memicu terjadinya penyakit lupa. 

Maka kamu harus segera mengentikan kebiasaan buruk itu dan merubahnya menjadi kebiasaan baik yang menyehatkan.

5. memastikan istirahat tidur yang cukup 

tidur yang cukup memang diperlukan untuk menjaga kesehatan otak, tidur malam paling cukup paling tidak 7-9 jam per hari bagi orang dewasa.

6. Makan Makanan yang bergizi

Asupan makanan bergizi bisa menjadi solusi selanjutnya untuk mengatasi penyakit lupa, terutam vitamin b12 dan omega 3.

Kedua vitamin tersebut sangat cocok digunakan untuk mengatasi penyakit lupa dan menjaga kesehatan otak tetap terjaga.