Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Teknik SEO Dijamin Blog Kamu Page One Di Pencarian Google

Seo
Source : Pixabay
Mungkin banyak diantara kalian yang sudah susah payah membuat artikel secara panjang lebar, padat dan jelas namun tidak ada satupun visitor yang mengunjungi blog kalian.  

Apa sih penyebabnya?

Menjadi seorang blogger yang terkenal bukanlah hal yang mudah dilakukan, oleh karena itu kamu harus memiliki cara dan trik supaya blog kamu dikenal lebih luas serta dapat masuk ke kolom pencarian pertama di google. 

Jika kamu membuat sebuah artikel tetapi tidak memperhatikan SEO tentu itu merupakan hal yang sangat bodoh, selain hanya membuang-buang waktu saja hal tersebut juga berdampak pada rendahnya pengunjung yang melirik blog kamu. 

Oleh karena itu sebaiknya kamu menggunakan cara yang kami berikan supaya blog kamu semakin ramai dikunjungi visitor, artikel kamu tidak akan muncul di pencarian pertama google jika tidak mengikuti langka-langkah ini.
Memang cara ini susah kalau diterapkan oleh orang awam, tetapi jika kamu sudah terbiasa maka akan terlihat juga perkembangan cukup signifikan pada blog kamu. 

Berikut merupakan cara supaya blog kamu muncul di halaman pencarian google.


1. Riset Kata Kunci

Cara ini memang sangat terbukti ampuh bagi kamu yang ingin membuat sebuah artikel serta dapat masuk ke top halaman pencarian google. 

Bagaimana tidak, dengan meriset kata kunci layaknya kita sedang mencari halaman pada buku dengan mengandalkan daftar isi, tentu cara itu merupakan cara cepat dan terbaik ketika ingin mendapatkan halaman yang kita inginkan pada sebuah buku, ketimbang harus membuka halaman satu-persatu itu jauh lebih susah.

Google juga sama seperti itu kamu harus betul-betul memilih keyboard yang sesuai dan tepat dengan jenis artikel yang kamu buat. 

Selanjutnya kamu perlu meriset kata kunci dengan menggunakan sebuah tools atau alternatif lainnya, tools ini dapat mengetahui jenis kata kunci yang cocok diterapkan di blog kamu agar nantinya tepat sasaran, serta dapat lebih mudah ditemukan visitor.

Tools juga mampu memprediksi jumlah persaingan dan page view seperti Cpc, Ctr, dan Rpm. 
Dengan begitu kamu akan tau lebih detail mengenai pilihan, dan jenis kata kunci yang cocok diterapkan di blog kamu. 

Hal ini tentunya dapat dijadikan sarana supaya blog kamu bisa bersaing dengan blog-blog lainnya.


2. Memilih Topik

Langkah kedua, kamu harus memilih topik dan menerapkan fakta serta temuan dari kata kunci yang sudah dilakukan di awal tadi dengan menggunakan tools atau alternatif lainnya. 

Contohnya kamu menemukan fakta bahwa mayoritas calon pembacamu berumur 25-40 tahun tertarik dengan artikel jenis kesehatan. 
Berbekal dari informasi tadi, kamu bisa membuatkan artikel mengenai topik-topik kesehatan tersebut. 

Cara ini terbukti efektif dan ampuh untuk meningkatkan keberhasilan karena semakin relevan topik yang dibahas, semakin tinggi pula tingkat keberhasilan masuk pencarian google.


3. Membuat Judul

Judul pada postingan blog erat kaitannya dengan SEO. Dalam pembuatan judul diperlukan riset keyboard terlebih dahulu. 

Judul juga harus sesuai dan relevan dengan topik yang dibahas serta usahakan dibuat semenarik mungkin supaya bisa menarik visitor untuk berkunjung ke blog.


4. Menulis Artikel

Dalam penulisan artikel sebaiknya menggunakan bahasa yang sopan, baku, padat, dan jelas. 

Dalam sebuah artikel hendaknya menggunakan gambar untuk memberikan sebuah ilustrasi mengenai topik yang dibahas. 

Selain itu juga paragraf dari setiap kalimat juga perlu diperhatikan supaya dapat meningkatkan kesan yang menarik pada saat membaca.


5. Keyboard LSI 

Latent Semantic Indexing Atau (LSI) berfungsi seperti mesin pencari kata kunci bertugas untuk mencari kata kunci paling dalam atau yang paling sesuai dan banyak dicari oleh pengunjung, sehingga cara ini efektif untuk meningkatkan keberhasilan SEO dan jumlah visitor yang berkunjung pada blog kamu.

Namun sayangnya cara ini jarang digunakan oleh para content marketer, Tetapi kamu bisa menggunakan cara ini untuk membuat kata kunci yang sesuai dan tepat.

Contohnya pada saat kamu riset kata kunci Bandung
Maka LSI yang muncul di bold pada serf bisa kamu pakai adalah Kota Bandung
Inilah pilihan yang paling cocok kamu terapkan karena kata kunci tersebut sangat cocok dan relevan untuk digunakan.


6. Subheading 

Mungkin dari sebagian pengunjung ogah membaca artikelmu panjang-panjang karena itu memerlukan waktu yang lama.

Hal ini sangat berpengaruh karena pengunjung bisa saja tidak membaca artikelmu sampai habis dan lebih parahnya bisa juga para pengunjung memilih kabur dan pindah ke blog lain.

Untuk mengatasinya diperlukan sebuah subheading guna menandai poin-poin pentingnya saja dengan begitu orang yang berkunjung ke blog kamu tidak mudah bosan serta artikelmu akan mudah dipahami maksud dan tujuannya.


7. Paragraf

Kamu sebaiknya juga membuat beberapa paragraf menjadi lebih singkat, hal itu karena pengunjung akan suka dengan paragraf yang lebih sedikit namun dan jelas, ketimbang paragraf yang panjang namun maksudnya berbelit-belit. 

Kamu bisa memisahkan antar bagian paragraf, dengan paragraf lainnya hal itu bertujuan untuk memperjelas isi supaya lebih mudah terbaca.


8. Format Tulisan

Format tulisan sangat penting untuk dipilih, selain dapat mempercantik tampilan juga dapat mempermudah serta terlihat jelas ketika membaca.

Pilihlah format tulisan yang berkualitas diantaranya jenis font, ukuran font, serta jarak antar kalimat. 

Rekomendasi font yang cocok Contohnya : Arial, Noto Sans, Verdana, Atau Comic Sans. 
Ukurannya font berkisaran 14-20px.


9. Index & Crawer

Langkah terakhir, supaya blog kamu masuk pencarian google adalah dengan melakukan Index dan Crawer pada Google Search Console atau Webmaster.

Cara ini sangat penting dilakukan, jika tidak maka artikel tidak akan pernah ada di pencarian google

Kamu hanya perlu Login ke Google Search Console setelah itu Klik Add Property - Masukan Url Postingan - Verify - Request Indexing.

Untuk mengecek postingan apakah sudah teindex atau belum, kamu dapat bisa membuka Google Search - Lalu masukan Url Sitemps
dengan format (https://alamatblogkamu/sitemps.xml). Jika blog kamu sudah terindex maka akan muncul di pencarian google.


10. Backlink

Backlink merupakan sebuah rujukan link yang mengarah ke website kita. 
backlink berfungsi untuk mengoptimasi website supaya lebih banyak visitor.

Backlink tersedia dengan pilihan gratis ataupun berbayar.

Jika kamu memilih yang gratis maka kamu bisa memanfaatkan media sosial sebagai sarana peletakan link yang ditujukan ke blog kamu, ataupun jika kamu memilih metode berbayar kamu tinggal cari layanan penyedia backlink berkualitas, disana tautan dari blog kamu akan dipajang di blog atau website terkenal. 

Itulah 10 teknik seo agar blog kamu muncul di halaman pertama google, cara ini telah terbukti ampuh dan dapat diterapkan oleh kamu, semoga bermanfaat, Terimaksih.