Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Manfaat & Khasiat Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan

Perlu anda ketahui daun jambu biji memiliki manfaat dan khasiat yang luar biasa bagi kesehatan.

Biasanya daun jambu biji ini diolah dengan cara direbus dan dijadikan minumanan layaknya teh hangat.

Daun jambu biji memiliki zat antinfeksi dan antibakter, selain itu juga cocok digunakan sebagai suplemen herbal.

Cara merebusnya pun sederhna daun jambu yang telah dipetik dicuci bersih, setelah itu direbus dengan air panas, hingga airnya berwarna kecoklatan setelah itu air bisa didinginkan terlebih dahulu sebelum diminum.

Minuman daun jambu biji ini diketahui memiliki kandungan Vitamin C dan Flavanoid yang sangat baik bagi tubuh.

Selain itu juga daun jambu biji bisa dijadikan obat pereda nyeri dan berkhasiat mengatasi diare, serta penyakit diabetes.

Berikut merupakan khasiat dan manfaat daun jambu biji bagi kesehatan

1. Mencegah Diare

Air rebusan dari daun jambu biji bisa dijadikan jamu herbal alami untuk mengatasi dan mencegah diare. 

Sebuah penelitian menunjukan bahwa, daun jambu bantu mengandung zat anti microba, hal ini dapat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas pada usus, selain itu daun jambu batu sangat berkhasiat dalam mengurangi jumlah atau intensitas diare.

2. Mencegah Penyakit Diabetes

Rebusan air jambu biji, dipercaya dapat mencegah resiko terjadinya diabetes hal itu dikarenakan rebusan daun jambu biji dapat menghambat sebagian enzim dalam tubuh dalam mengubah karbohidrat menjadi glukosa sehingga sangat bermanfaat untuk mencegah timbulnya penyakit diabetes.

3. Menurunkan kolestrol

Menurut sebuah penelitian yang dikutip dari jurnal "Nutrition and Metabolism" menunjukan bahwa partisipan mempunyai penyakit kolestrol, lalu meminum rebusan daun jambu biji.

Setelah 8 minggu menunjukan kadar kolestrol yang lebih rendah dibandingkan sebelumnya.

4. Menurunkan tekanan darah 

Menurut sebuah studi yang telah dilakukan pada tahun 2016 kepada sesorang partisipan. 

Menuturkan bahwa rebusan air jambu biji ini memiliki kandungan antioksidan dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi serta dapat membantu melebarkan saluran pembuluh darah. 

Namun bukti tersebut bukanlah bukti ilmiah yang terbukti kuat kebenaranya, oleh karena itu para ilmuan harus meneliti lebih lanjut lagi penemuan ini.

5. Mencegah nyeri saat menstruasi 

Rebusan daun jambu batu terbukti ampuh dalam mengatasi nyeri ketika menstruasi, serta dapat meredakan nyeri seperti kram di bagian perut. 

Khasiat ini bisa dijadikan obat alternatif pengganti obat nyeri seperti ibuprofen.

6. Mencegah Sel Kanker

Manfaat terakhir adalah dapat mencegah terjadinya penyakit kanker, beberapa penelitian menunjukan ektrak daun jambu biji dapat mencegah pertumbuhan sel kaker seperti kaker usus besar, prostat, leukimia dan melanoma. 

Tetapi hal tersebut perlu diteliti lebih lanjut guna menyakinkan kebernarnya.

Perlu diketahui bahwa rebusan daun biji ini bisa anda gunakan sebagai obat alternatif herbal tanpa efek samping untuk pencegahan saja sebelum terjadinya penyakit yang diderita, tetapi kami tetap menyarankan obat langsung dari dokter yang telah terbukti ke epektifannya dibandingkan obat tradisional.