Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Minyak Sayur VS Mentega Mana Yang Lebih Baik?

Minyak Zaitun : Pixabay

Kenali kelebihan dan kekurangan minyak sayur dan mentega bagi kesehatan.

1. Minyak sayur 

Minyak sayur merupakan bahan yang sering digunakan untuk menggoreng, hingga menumis masakan. Minyak sayur merupakan minyak nabati atau minyak yang berasal dari tumbuhan seperti kelapa sawit, kacang tanah, zaitun dan lain-lain sebagainya. Kelebihan minyak goreng untuk memasak makanan diantarannya :

  • Dapat menghantarkan panas yang lebih baik,
  • Tidak mudah menguap,
  • Dapat menjaga kandungan nutrisi pada makanan supaya tetap terjaga,
  • Makanan akan cepat matang merata, serta memiliki tekstur kering dan renyah,
  • Memperlezat rasa makanan

Minyak zaitun akan sangat baik digunakan bagi penderita kolestrol tinggi dikarenakan kandungannya yang baik dalam mencegah kolesterol Jahat, mencegah resiko terkena penyakit jantung koroner, menjaga kekebalan tubuh, serta mencegah diabetes.

Sedangkan Minyak goreng kelapa sawit mengandung minyak tak jenuh yang sama baiknya untuk kesehatan dalam menjaga kolestrol baik dalam tubuh. 

Tetapi jika pemakaian minyak tersebut sudah digunakan beberapa kali dan digunakan secara terus menerus hingga kualitas dan warna minyak berubah, maka hal ini akan merubah lemak tak jenuh tadi menjadi lemak jenuh sehingga sangat berbahaya bagi kesehatan jika dipakai dan digunakan secara terus menerus.

2. Mentega 

Memiliki fungsi sama seperti minyak sayur, mentega juga bisa digunakan untuk mengoreng, menumis bahakan membuat kue. Meskipun begitu mentega terbuat dari bahan berbeda, kalau kita tahu minyak sayur terbuat dari lemak tumbuhan sedangkan kalau mentega terbuat dari lemak hewani contohnya seperti susu sapi, susu domba, susu kambing dan lain-lain.

Kelebihan mentega pembuatan olahan makanan diantaranya :

  • Suhu panas yang stabil,
  • Tidak mudah menguap,
  • Menambah aroma harum pada makanan,
  • Menanmbah cita rasa masakan,
  • Cocok digunakan untuk pembuatan kue.

Diketahui dalam 1 sendok makan mentega mengandung lemak 11gram lemak, dan lemak tertinggi disumbangkan lemak jenuh sebesar 7gram. 

Akan tetapi disamping itu, mentega justru baik untuk pencernaan serta mencegah dari infeksi gastrointestinal dalam tubuh, serta menghindri hipotroid

Gimana menurutmu? 

Kedua bahan terjadi memang cocok digunakan, Semua bahan tadi tetap aman digunakan bila tidak berlebihan. 

Tetapi kamu bisa memilih minya kelapa sawit ataupun minyak zaitun untuk memasak agar olahan makanan tetap sehat.

Sumber ini dikutip dari gayahidup.skor.id dan media terpercaya lainnya.