Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Red Ocean & Blue Ocean Strategy : Pengertian, Tujuan, Konsep, Jenis, dan Manfaat

Red Ocean Strategy & Blue Ocean Strategy

Bagi sebagian orang mengenal Red Ocean Stategy pasti akan binggung karena istilah tersebut jarang sekali terdengar, tetapi bagi pengusaha yang sudah lama menggeluti dunia bisnis istilah tersebut sudah tidak asing lagi didengar.

Bagi sebagian pembisnis pasti mereka menerapkan Red Ocean Strategy untuk menyusun sebuah teknik khusus, atau strategi marketing agar bisa menarik minat konsumen serta bersaing dengan kompetitor.

Red Ocean Strategy memiliki resiko tinggi karena dalam pemasarannya perusahaan dan kompetitor akan saling beradu strategi dan bersaing ketat.

Tetapi dibalik itu semua jika Red Ocean ini diterapkan dengan strategy yang tepat maka akan memiliki dampak baik juga bagi perusahaan tersebut, selain perusahaan dapat unggul di pasar, produk yang dijual juga akan lebih mudah dikenal luas, serta mendapatkan banyak konsumen dari berbagai peminat semua kalangan.

Berikut ini Merupakan Pengertian, Konsep, dan Jenis Market Ocean Stategy.

Pengertian Red Ocean Stategy

Menurut Menurut Kim.W.C, dan Mauborgne.R, pada tahun 2014 menyampaikan bahwa Red Ocean Strategy merupakan sebuah strategi di dalam dunia bisnis agar perusaahan dapat lebih unggul dalam perasaingan dengan kompetitor sehingga akan mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas.

Tujuan Red Ocean Strategy

Dalam dunia bisnis saat ini pasti kebanyakan perusahaan menginginkan untuk menyaingi kompetitor dengan berbagai strategi dan cara perusahaan masing-masing, baik dengan cara menjadikan produk lebih berkualitas dan bernilai ekonomi di mata konsumen, ataupun dengan cara promosi agar produknya mudah dikenali di masyarakat, serta menggunakan cara dengan bekerja sama dengan dengan para distributor untuk memasarkan produknya sehingga mempunyai cakupan cukup luas.

Pada dasarnya Red Ocean strategy ini mempunyai misi bersaing dan berunjuk kompetisi strategi bisnis dengan kompetitor sudah handal ataupun terkenal luas, sehingga dengan begitu akan mudah bagi perusahaan baru untuk menarget pasar, dan menjadikan produk mereka lebih dikenal luas serta menarik minat konsumen.

Tetapi perlu diingat persaingan memang wajar terjadi dalam dunia bisnis, tetapi tiap perusahaan juga perlu memperhatikan etika bersaing dalam bisnis supaya tidak menimbulkan kasus persaingan yang tidak sehat ataupun monopoli, hal ini jelas melanggar peraturan yang telah ditetapkan UU No.5 Tahun 1999 tentang larangan praktik monopoli dan persaingan tidak sehat serta diawasi langsung oleh Lembaga Pemerintahan Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU).

Jenis Pasar Market

Menurut Menurut Kim.W.C, dan Mauborgne.R, yang diperkenalkan ke publik pada tahun 2005 silam, menyampaikan bahawa di dalam dunia bisnis (mempunyai dua jenis pasar market) yakni red ocean dan blue ocean strategy.

Konsep Red Ocean Strategy 

Red ocean market adalah strategi pasar terstruktur dan mempunyai aturan yang baik dan bagus, selain itu juga Red Ocean Strategy mempunyai pelaturan yang dapat lebih mudah dipahami oleh seluruh anggotanya, teknik yang diterapkannya pun cukup efektif yakni dengan berusaha bersaing dengan kompotitor yang sukses guna mendapatkan puncak keberhasilan di pasaran.

Konsep Blue Ocean Strategy 

Jika pembahasan sebelumnya Red Ocean Strategy mimiliki konsep bersaing dengan pasar yang didalamnya sudah ada kompetitor yang unggul.

Namun hal ini berbeda dengan Blue Ocean Strategy, Blue Ocean Strategy ini mencampurkan kegiatan dalam  perusahaan dalam mengejar keuntungan tetapi dengan menggunakan biaya yang lebih rendah, serta mencari peluang pasar yang belum ada atau baru sehingga tidak adanya persaingan dengan produk sejenis ketika dipasarkan.

Manfaat & Kesimpulannya

Kedua strategi tersebut memang sangat berbeda jika bicara red ocean market maka akan memadukan seluruh sistem pada sebuah perusahaan untuk memilih diantara diferensiasi dan biaya yang dibutuhkan rendah, sedangkan Blue Ocean Market lebih mengejar diperensiasi dan biaya rendah, perbedaan selanjutnya Red Ocean Lebih mementingkan bersaing dalam kompetisi pasar yang jauh lebih ketat, sedangkan Blue Ocen Strategy lebih mementingkan untuk membuat target pasar baru yang tidak mempunyai persaingan.

Sehingga Blue Ocean Strategy ini cocok untuk memulai usaha baru atau usaha rintisan, disamping itu perusahaan akan terus berinovasi akan membuat produk yang berbeda agar tidak bersaing, tapi dampak buruknya Blue Ocean Strategy ini memiliki resiko tinggi karena untuk menjalankan sebuah bisnis baru tentu harus mempunyai produk terbaik agar mudah dikenali konsumen nantinya.

Sedangkan Red Ocean Strategy  perusahaan akan langsung bersaing dengan kompetitornya di pasaran dengan saling beradu strategi, mempunyai misi untuk menjadikan produk lebih baik, bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi di mata konsumen, sehingga produk laris dan mengalahkan kompetitor.

Kedua strategi tersebut memang sama-sama cocok digunakan dalam marketing saling memiki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Akan tetapi hal tersebut kembali ke pertimbangan sebuah perusahaan, menimbang mana strategi yang cocok dan baik untuk diterapkan nantinya.